LAPORAN HASIL KEGIATAN SOSIALISASI PENGGUNAAN 3 (TIGA) SERI HURUF NOMOR KENDARAAN BERMOTOR JAJARAN POLDA KALTIM

 New Picture (1)

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Tingkat pertumbuhan kendaraan bermotor pada setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan tersebut didominasi pada tingginya angka pertambahan kendaraan bermotor jenis sepeda motor. Pertambahan sepeda motor tentu saja memberikan implikasi pada penggunaan Nomor Kendaraan Bermotor diwilayah hukum Polda Kalimantan Timur. Dimana penggunaan 2 (dua) seri huruf dibelakang angka pada Nomor Kendaraan Bermotor dibeberapa jajaran Polres/ta wilayah Polda Kaltim telah dinyatakan habis dan tidak memiliki alokasi untuk melayani masyarakat.
Proses permintaan penggunaan 3 (tiga) seri huruf dibelakang angka kepada Korlantas Polri telah selesai dilaksanakan oleh Polda Kaltim. Melalui Surat Telegram Kapolri pada tanggal 10 Juni 2014, Polda Kalimantan Timur telah diperbolehkan menggunakan 3 (tiga) seri huruf dibelakang angka pada Nomor Kendaraan Bermotor khususnya jenis sepeda motor dibeberapa wilayah Polres/ta jajaran Polda Kaltim, yakni Polres Paser dan Polres Kutai Timur serta akan segera menyusul pada Polres Kutai Kertanegara dan Polresta Samarinda.
Subdit Regident Polda Kaltim sebagai unsur pelaksana dalam penyelenggaraan fungsi registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor diwilayah Kalimantan Timur, telah melaksanakan serangkaian kegiatan sosialiasi baik eksternal maupun internal tentang pelaksanaan penggunaan 3 (tiga) seri huruf dibelakang angka pada Nomor Kendaraan Bermotor, baik melalui media cetak/elektronik maupun secara langsung kepada masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan perluasan informasi kepada masyarakat Kaltim tentang perkembangan proses Registrasi dan Identifikasi kendaraan bermotor diwilayah Kaltim pada umumnya.

B. Dasar
1. Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2002 Nomor 2, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4168);
2. Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 96, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5025);
3. Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2006 tanggal 8 Mei 2006 tentang Penomoran Kendaraan Bermotor;
4. Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tanggal 16 Februari 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor;
5. Peraturan Kapolda Kaltim Nomor Pol.: B/2237/VIII/2007 tanggal 1 Agustus 2007 tentang Sistem Penomoran Kendaraan Bermotor di Kalimantan Timur;
6. Surat Telegram Kapolri Nomor : STR/458/VI/2014 tanggal 10 Juni 2014 tentang Persetujuan Penomoran Ranmor dengan Menggunakan 3 (tiga) Seri Huruf Di Belakang Angka pada Polda Kalimantan Timur.

C. Maksud dan Tujuan
1. Maksud
Maksud dari laporan hasil kegiatan ini adalah sebagai bahan bagi Pimpinan guna mendapatkan gambaran hasil pelaksanaan sosialisasi penggunaan 3 (tiga) seri huruf dibelakang angka pada Nomor Kendaraa Bermotor jajaran Polda Kalimantan Timur.
2. Tujuan
Tujuan dari laporan ini adalah guna memberikan bahan pertimbangan kepada pimpinan dalam mengambil kebijakan lebih lanjut terkait penggunaan 3 (tiga) seri huruf dibelakang angka pada Polda Kalimantan Timur.

D. Ruang Lingkup
Ruang lingkup dari pembuatan laporan pelaksanaan kegiatan ini adalah pelaksanaan sosialisasi penggunaan 3 (tiga) seri huruf dibelakang angka pada Nomor Kendaraan Bermotor di wilayah hukum Polda Kalimantan Timur.

II. PELAKSANAAN
A. Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan penggunaan 3 (tiga) seri huruf dibelakang angka pada jajaran Polda Kalimantan Timur dilaksanakan mulai tanggal 20 Juni 2014 sampai dengan batas waktu tanggal 27 Juni 2014 diseluruh wilayah jajaran Polda Kalimantan Timur.

B. Teknis Pelaksanaan
Pelaksanaan sosialisasi penggunaan 3 (tiga) seri huruf dibelakang angka pada jajaran Polda Kalimantan Timur dilaksanakan baik secara langsung maupun tidak langsung, serta dilakukan secara internal dan eksternal.
1. Lingkungan Internal
a) Sosialiasi melalui pengiriman Surat Telegram Kapolda Kaltim kepada Kapolres/ta jajaran Polda Kaltim Nomor : ST/074/VI/2014 tanggal 20 Juni 2014 tentang penggunaan 3 (tiga) seri huruf dibelakang angka;
b) Sosialiasi oleh Dirlantas Polda Kaltim pada saat pelaksanaan Apel Pagi jajaran Polda Kalimantan Timur;
c) Sosialisasi oleh Kasubdit Regident pada saat pelaksanaan Apel Sore jajaran Direktorat Lalu Lintas;
d) Sosialiasi oleh Kasubdit Regident pada saat pelaksanaan Rapat Anev jajaran Kasat Lantas Polda Kalimantan Timur; dan
e) Sosialiasi oleh masing-masing Kasat Lantas pada saat pelaksanaan Kegiatan Apel maupun melalui sosialiasi dalam ruangan Polres di masing-masing Polres jajaran Polda Kalimantan Timur.

2. Lingkungan Eksternal
a) Sosialisasi melalui media cetak dan elektronik berupa koran/surat kabar, radio, dan jejaring sosial berupa penggunaan 3 (tiga) seri huruf pada beberapa wilayah di Polda Kaltim;
b) Sosialiasi langsung kepada masyarakat pada masing-masing ruang pelayanan samsat Polres jajaran Polda Kaltim; dan
c) Sosialisasi pada Instansi terkait seperti Dishub, TNI, Pemda dsb serta kepada komunitas-komunitas masyarakat tertentu di wilayah Polda Kalimantan Timur.

C. Materi Yang Disampaikan
1. Bahwa penggunaan 2 (dua) seri huruf pada beberapa Polres jajaran Polda Kaltim sudah dan akan segera mengalami kehabisan alokasi, sedangkan pelayanan kepada masyarakat pengguna kendaraan baru harus terus berlangsung;
2. Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : STR/458/VI/2014 tanggal 10 Juni 2014, maka untuk Polres Paser, Polres Kutim, Polres Kukar, dan Polresta Samarinda diperbolehkan menggunakan 3 (tiga) seri huruf sesuai ketentuan yang telah diarahkan kepada Polda Kaltim;
3. Penggunaan 3 (tiga) seri huruf dibelakang angka pada Polres tersebut diatas haya berlaku untuk kendaraan bermotor jenis sepeda motor (Roda Dua) dengan catatan alokasi 2 (dua) seri huruf dibelakang angka telah benar-benar habis yang ditandai dengan laporan tertulis kepada Ditlantas Polda Kaltim;
4. Agar petugas Penegak Hukum dilapangan tidak salah ketika menjumpai adanya 3 (tiga) seri huruf dibelakang angka pada Nomor Kendaraan Bermotor diwilayah Polres Paser, Polres, Kutim, Polres Kukar dan Polresta Samarinda;
5. Penggunaan 3 (tiga) seri huruf pada Polres tersebut diatas, dibatasi pada seri huruf kedua A sampai dengan C, contohnya untuk Polres Paser mulai dari EAA-EAZ, EBA-EBZ, dan ECA-ECZ.

D. Hasil Yang Dicapai
1. Terdapatnya kesamaan pemahaman dari seluruha anggota Polri diwilayah jajaran Polda Kaltim mengenai penggunaan 3 (tiga) seri huruf dibelakang angka Nomor Kendaraan Bermotor.
2. Tercapainya penyebaran informasi kepada masyarakat Kalimantan Timur mengenai penggunaan 3 (tiga) seri huruf dimaksud, khususnya pada wilayah di Kabupaten Paser, Kabupaten Kutim, Kabupaten Kukar, dan Kotamadya Samarinda.
3. Petugas dilapangan menjadi tidak bingung jika nanti menemukan plat nomor kendaraan bermotor yang dioperasionalkan dijalan dengan menggunakan 3 (tiga) seri huruf dibelakang angka, sehingga tidak ada persepsi bahwa plat tersebut adalah plat yang salah melainkan merupakan penggunaan Nomor Kendaraan Bermotor yang legal dan sah.

III. PENUTUP
Demikianlah Laporan Hasil pelaksanaan sosialisasi penggunaan 3 (tiga) seri huruf dibelakang angka ini dibuat dengan sebenarnya sebagai bahan masukan kepada pimpinan. Sosialisasi ini akan terus dilakukan secara berkala dan berkelanjutan sehingga lingkungan internal anggota Polri dan eksternal masyarakat Kalimantan Timur bisa secara memahami perkembangan informasi tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor diwilayah Kaltim.

About ferli1982

Menjalani hidup dengan riang gembira ... enjoy ur life!!!

Posted on Oktober 14, 2014, in Menulis itu Indah. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada LAPORAN HASIL KEGIATAN SOSIALISASI PENGGUNAAN 3 (TIGA) SERI HURUF NOMOR KENDARAAN BERMOTOR JAJARAN POLDA KALTIM.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: