Nyalakan Lampu di Siang Hari yah….!!!

Mari kita simak bunyi Pasal 107 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sebagai berikut:

  1. Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang digunakan di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.
  2. Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

Kemudian, menurut penjelasan Pasal 107 ayat (1) UU LLAJ, yang dimaksud dengan “kondisi tertentu” adalah kondisi jarak pandang terbatas karena gelap, hujan lebat, terowongan, dan kabut.

Daytime Running Lights sejatinya diwajibkan kepada pengemudi kendaraan bermotor roda dua, namun demikian seluruh kendaraan bermotor (R2/R4) wajib menyalakan lampu utama disiang hari jika terjadi “kondisi tertentu” saat berkendaraan.

Apa sanksi nya bagi pengendara kendaraan bermotor yang tidak mematuhi aturan ini ?

  • Sanksi pidana bagi mereka yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (1) UU LLAJ berdasarkan Pasal 293 ayat (1) UU LLAJ adalah pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
  • Sedangkan, sanksi pidana bagi setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) UU LLAJ berdasarkan Pasal 293 ayat (2) UU LLAJ adalah pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah).

Peraturan ini dibuat setelah melalui kajian mendalam, terutama mengenai upaya-upaya dalam mencegah/mengurangi angka kecelakaan berlalu lintas, dimana tingkat kematian sebagai akibat dari kecelakaan lalu lintas semakin hari semakin meningkat.

Secara logika, kecepatan cahaya adalah lebih cepat dari pada kecepatan suara. Karena itu, lampu yang dinyalakan akan lebih cepat dirasakan oleh pengemudi lain ketimbang suara klakson yang dibunyikan. Menyalakan lampu sepeda motor akan membuat kehadirannya mudah dilihat oleh pengendara lain yang berada di depannya. Memang, walau tanpa menyalakan lampu keberadaan kendaraan lain  masih bisa terlihat, namun dengan lampu menyala, pengendara lain hanya membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk melihat kehadiran pemotor di belakangnya melalui kaca spion.Seringkali pengendara motor tidak mampu terdeteksi terutama oleh pengendara mobil, karena cepatnya sepeda motor bergerak. Sehingga, tak jarang mobil dan motor pun saling bersenggolan.

About ferli1982

Menjalani hidup dengan riang gembira ... enjoy ur life!!!

Posted on November 12, 2013, in Menulis itu Indah. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Nyalakan Lampu di Siang Hari yah….!!!.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: