Museum POLRI

Museum PolriMengapa museum Polri kurang lengkap dan tidak up to date???

Pada kunjungan yang dilakukan Mahasiswa PTIK angkatan 56 ke Museum Polri pada hari sabtu tanggal 19 Desember 2009,para mahasiswa sudah diajak berkeliling dan melihat setiap sudut isi museum.Betapa kaya dan indah nya sejarah yang dimiliki oleh institusi kita tercinta.

Namun setelah melihat isi dari museum ini sesungguhnya masih banyak hal mengenai sejarah Polri yang tidak ada dalam museum ini.Banyak penggalan-penggalan sejarah yang belum dimasukkan dalam isi kekayaan museum ini.Contoh kecil saja mengenai sisi bidang penegakkan hukum (lantai dua), jika dilihat disana ada tampilan mengenai BNN atau Badan Narkotika Nasional tetapi tidak ada tampilan mengenai KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Padahal kedudukan dari BNN dan KPK adalah sama-sama badan nasional yang dimana anggota Polri terlibat secara aktif didalamnya. Contoh lainnya mengenai sejarah-sejarah yang penting utamanya pasca pemisahan Polri dari ABRI.Kita ingat bagaimana Polri hendak dijadikan alat kekuasaan pada era Presiden Gus Dur yang ketika itu terjadi kericuhan pada posisi Kapolri sebagai pemimpin tertinggi institusi Polri.Ketika itu Kapolri di jabat oleh bpk.Jendral.Pol.Bimantoro.Hal ini penting untuk dimasukkan dalam sejarah agar setiap orang mengingat bahwa Polri adalah alat negara dan bukan alat kekuasaan.

Ketidaklengkapan juga dapat kita saksikan pada sisi perpustakaan,hanya ada sedikit buku yang dapat kita saksikan disana.Padahal jika kita bandingkan dengan  perpustakaan milik PTIK,disana dapat ditemui  buku biografi tentang para Kapolri.Tentunya setiap Kapolri memiliki program kebijakan masing-masing dan itu adalah bagian dari sepenggal cerita mengenai Polri yang tidak kalah pentingnya.

Yang masih penting dan baru saja terjadi tentunya adalah bagaimana keberhasilan Polri dalam memberantas Terorisme di Indonesia.Memang pada penggalan tertentu ada tampilan mengenai beberapa kasus terorisme,ada juga benda-benda yang menjadi barang bukti sebagai awal penyelidikan kasus bom bali,namun itu kurang lengkap.Belum ada pembahasan detail mengenai hal ini,sampai yang paling terakhir tewas nya Nurdin M Top sebagai gembong teroris nomor wahid di negara ini serta juga tertangkapnya ayahnya di bulan Desember ini.Padahal keberhasilan Polri ini diakui oleh seluruh dunia,ini adalah sejarah yang luar biasa dahsyat.

Kejadian-kejadian yang penulis sampaikan ini adalah bagian dari sejarah Polri atau bahkan bagian dari sejarah bangsa ini.Banyak sekali pembelajaran dari sejarah tersebut.Hal ini tentu saja dapat menjadi pembelajaran yang sangat baik bagi para anggota-anggota Polri kedepan.

Mengapa museum ini tidak memiliki pengurus sendiri?

Ketika melakukan kunjungan ke Museum Polri pada hari sabtu tanggal 19 Desember 2009,penulis sempat bertanya kepada salah satu staf mengenai kepengurusan Museum Polri ini.Dari sanalah penulis mendapat informasi bahwa museum ini dijalankan oleh anggota Polri yang diberi surat perintah untuk bertugas di museum selain dari tugas utamanya di kesatuan masing-masing (utamanya anggota dari Mabes Polri).

Bukankah lebih baik jika museum ini dijalankan oleh orang-orang yang memang mengerti mengenai sejarah dan museum? Maksud dari penulis adalah lebih baik museum ini dijalankan oleh orang-orang yang memang hanya bertugas/berdinas untuk mengurusi masalah museum saja,sehingga tidak ada penggandaan tugas dan kewajiban.Para anggota yang saat ini bertugas di museum masih tercatat sebagai anggota di kesatuan masing-masing,sehingga mereka masih memiliki tugas dan tanggung jawab di kesatuan tersebut. Dengan hanya bertugas/berdinas di museum saja,para anggota -maupun orang luar yang direkrut untuk bekerja dimuseum- dapat focus pada bidang pekerjaannya tersebut.

Perlu adanya struktur organisasi yang jelas dan terencana dengan baik,mengapa ini perlu dilakukan? Museum Polri ini memiliki nilai sejarah yang luar biasa, kekayaan yang terkandung didalamnya tidak hanya milik anggota Polisi saja namun juga adalah bagian dari khasanah budaya dan sejarah Indonesia.Banyak sejarah Polri yang terkait erat dengan sejarah perjuangan bangsa ini, hal ini juga bisa di lihat dengan semakin meningkatnya animo pengunjung yang terus meningkat khususnya warga DKI Jakarta.

Selain itu juga, perlunya publikasi mengenai keberadaan museum ini. Kemajuan tehnologi memaksa kita untuk dapat memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan.Saat ini museum Polri telah memiliki situs sendiri,tercatat ada dua alamat situs mengenai Museum Polri dan satu group mengenai Museum Polri pada akun jejaring social “Facebook”. Tapi yang sedikit disesalkan,tampilan pada situs internet tersebut kurang variatif dan tidak up to date,mudah-mudahan kedepan segala hal mengenai Museum ini akan terus menerus dan sedikit demi sedikit ada perubahannya menjadi lebih baik lagi. Penulis yakin masyarakat luas juga mengharapkan hal serupa,karena Polri adalah bagian dari masyarakat dan juga sesuai dengan tugas pokoknya sebagai pelindung,pengayom dan pelayan masyarakat.

Jaya selalu Polri ku…!!!!

About ferli1982

Menjalani hidup dengan riang gembira ... enjoy ur life!!!

Posted on Desember 28, 2010, in Makalah Lepas. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Museum POLRI.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: