Senat Mahasiswa

ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA

SENAT MAHASISWA PMIK 2011-2012

PEMBUKAAN

Sebagai sebuah lembaga pendidikan dibawah naungan Polri, STIK memiliki visi guna menjadi lembaga yang berwibawa dan dibanggakan yang mampu menyelenggarakan pendidikan dan ilmu dan teknologi kepolisian, dalam rangka pelaksanaan fungsi dan pemuliaan profesi kepolisian bagi kepentingan masyarakat,bangsa, dan negara. Guna mendukung pencapaian visi dan keberhasilan penyelenggaran misi/ tugas, upaya pengembangan PTIK harus terus dilakukan, salah satunya adalah dengan membentuk sebuah Organisasi Kemahasiswaan yaitu Senat Mahasiswa. Posisi Senat dalam proses pencapaian tujuan pendidikan Senat adalah salah satu entitas proses pendidikan yang merupakan representasi mahasiswa dalam proses kegiatan pendidikan yaitu sebagai perwakilan mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi mahasiswa dan juga sebagai entitas yang diharapkan dapat melakukan persuasi kepada mahasiswa untuk dapat mengikuti kegiatan yang ditegaskan oleh lembaga dengan baik.

 

ANGGARAN DASAR SENAT MAHASISWA

BAB I

NAMA, WAKTU, DAN TEMPAT

Pasal 1

Nama

Organisasi kemahasiswaan bernama Senat Mahasiswa PMIK (Perhimpunan Mahasiswa Ilmu Kepolisian).

Pasal 2

Waktu

Organisasi Kemahasiswaan ini didirikan terhitung pada tanggal ……………………. 2010 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

Pasal 3

Organisasi kemahasiswaan ini berkedudukan di Jalan Tirtayasa Raya No 6 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Nomor Telp : 021-7222234 (Hunting), Fax:021-7207142. Website Http://www.STIK-PTIK.ac.id

BAB II

ASAS, SIFAT, TUJUAN DAN FUNGSI

Pasal 4

Visi dari Senat Mahasiswa PMIK adalah Menjadikan proses belajar mengajar di STIK-PTIK sebagai sebuah wahana dalam meningkatkan kompetensi dan kemampuan  sebagai insan Bhayangkara, dengan melihat proses pendidikan dalam perspektif yang lebih luas guna mencapai hasil lulusan yang profesional, cerdas, dan dapat menjunjung tinggi hukum serta Hak Asasi Manusia.

Pasal 5

Misi dari Senat Mahasiswa PMIK adalah :

(1)   Mengadakan pembinaan kepada anggota, menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler dan wajib membantu kelancaran/keberhasilan pelaksanaan program pendidikan serta kegiatan lain yang pelaksanaannya dikoordinir oleh Ka Korwa berdasarkan surat perintah Gubernur STIK-PTIK.

(2)   Menjadi wadah dalam berorganisasi serta penampung aspirasi dari mahasiswa guna meminimalisir hambatan dan gangguan dalam melaksanakan proses belajar mengajar selama menjadi mahasiswa STIK-PTIK.

BAB III

ORGANISASI

Pasal 6

Keanggotaan

(1)   Keanggotaan Senat Mahasiswa terdiri dari ……………..

(2)   Penentuan dan syarat keanggotaan diatur lebih lanjut dalam Anggaran Rumah Tangga.

Pasal 7

Susunan dan Kekuasaan Organisasi

(1)   Organisasi Senat PTIK disusun dalam bentuk organisasi lini.

(2)   Tingkat organisasi :

(a)    Tingkat …………. yang terdiri atas Badan Pembina.

(b)   Tingkat Senat yang terdiri …………………….

BAB IV

KEANGGOTAAN DAN MASA PENGURUSAN

Pasal 8

Keanggotaan

(1)   Keanggotaan Senat Mahasiswa STIK-PTIK adalah mahasiswa yang secara aktif masih mengikuti pendidikan pada STIK Strata S1.

(2)   Anggota Organisasi ini memerlukan kartu anggota.

(3)   Keanggotaan berakhir apabila mahasiswa yang bersangkutan tidak menjadi mahasiswa lagi pada STIK-PTIK ini atau meninggal dunia.

Pasal 8

Masa Kepengurusan

Masa pengurusan pada organisasi Senat Mahasiswa PMIK ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Ketua STIK-PTIK dengan pergantian yang dilakukan 2 (dua) kali selama masa pendidikan dan dilaksanakan  dengan upacara serah terima.

BAB V

STRUKTUR ORGANISASI

Pasal 11

(1)   Kekuasaan tertinggi pada Struktur Organisasi Senat Mahasiswa dipegang oleh Rapat Kehormatan Dewan Musyawarah Mahasiswa.

(2)   Ketentuan mengenai Rapat Dewan Musyawarah Mahasiswa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dalam ketentuan lebih lanjut.

Pasal 12

(1)   Senat Mahasiswa dipimpin Ketua Senat  PMIK  yang dijabat  oleh   seorang  mahasiswa  berdasarkan hasil pemilihan mahasiswa.

(2)   Ketua Senat Mahasiswa bertanggung jawab langsung kepada Ketua STIK-PTIK.

Pasal 13

Pengurus Organisasi Senat Mahasiswa PMIK terdiri dari :

a)      Dewan Musyawarah Mahasiswa (Demuswa) yang terdiri dari anggota Demuswa yang berasal dari setiap angkatan, dipimpin oleh seorang Kademuswa.

b)      Ketua Senat Mahasiswa

c)      Wakil Ketua Senat Mahasiswa

d)     Sekretaris I dan Sekretaris II

e)      Bendahara I dan Bendahara II

f)       Kepala Bidang Akademik dan Wakil Kepala Bidang Akademik, yang membawahi beberapa Kepala Seksi terkait.

g)      Kepala Bidang Administrasi Mahasiswa dan Wakil Kepala Bidang Administrasi Mahasiswa, yang membawahi beberapa Kepala Seksi terkait.

h)      Ketua Angkatan masing-masing angkatan pada mahasiswa STIK-PTIK, yang membawahi perangkat angkatan dari tiap-tiap angkatan yang terdapat pada mahasiswa STIK-PTIK.

BAB VI

KEUANGAN

Pasal 14

(1)   Keuangan Senat Mahasiswa STIK-PTIK diperoleh dari :

(a)    Iuran anggota.

(b)   Anggaran yang berasal dari pihak STIK-PTIK Lemdikpol.

(2)   Keuangan dikelola secara tertib dan bertanggung-jawab.

(3)   Ketentuan lebih lanjut mengenai keuangan organisasi diatur dalam Anggaran Rumah Tangga.

BAB VII

KETENTUAN LAIN

Pasal 15

Ketentuan Lain

(1)     Hal-hal yang belum diatur dalam anggaran ini, akan diatur lebih lanjut dalam Anggaran Rumah Tangga atau dalam peraturan lain yang sah.

(2)     Anggaran Rumah Tangga mengatur lebih rinci hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar dan disusun oleh masing-masing kepengurusan senat tiap-tiap masa jabatan dan disusun berdasarkan Anggaran Dasar.

Penutup

Anggaran Dasar ini disetujui dalam Rapat Pembentukan Organisasi pada tanggal ………………… 2010 dihadapan Ketua STIK serta selanjutnya dikukuhkan dengan Keputusan Ketua STIK Nomor : Kep/………../XII/2010, tanggal …….……………….. 2010.

Ditetapkan di  :  JAKARTA

Pada tanggal   :                     Desember 2010

a.n. KETUA SEKOLAH TINGGI ILMU KEPOLISIAN

ANGGARAN RUMAH TANGGA

SENAT MAHASISWA PMIK 2011-2012

BAB I

KEANGGOTAAN

Pasal 1

(1)   Anggota Senat Mahasiswa ini secara otomatis adalah mahasiswa yang masih aktif belajar pada jenjang Strata 1 (S1) pada STIK-PTIK.

(2)   Anggota Organisasi ini memerlukan kartu anggota .

(3)   Keanggotaan berakhir apabila mahasiswa yang bersangkutan tidak menjadi mahasiswa lagi pada STIK-PTIK ini,atau meninggal dunia.

BAB II

RAPAT KEHORMATAN

DEWAN MUSYAWARAH MAHASISWA

Pasal 2

Rapat Kehormatan Dewan Musyawarah Mahasiswa adalah unsur kekuasaan  tertinggi pada Organisasi Senat Mahasiswa.

Pasal 3

(1)   Rapat Kehormatan Dewan Musyawarah Mahasiswa hanya dilaksanakan pada situasi-situasi khusus seperti  :

a)      Tidak dilaksanakannya tugas dan tanggung jawab oleh salah satu anggota Pengurus Senat sebagaimana tugas pokoknya dengan sekurang-kurangnya atas permintaan dan persetujuan 2/3 seluruh anggota Senat Mahasiswa.

b)      Penyalahgunaan wewenang oleh salah satu atau lebih anggota Pengurus Senat dengan sekurang-kurangnya atas permintaan dan persetujuan 2/3 dari seluruh anggota Senat Mahasiswa.

c)      Situasi dimana salah satu atau lebih dari Pengurus Senat tidak dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya karena berhalangan tetap seperti meninggal dunia, dikeluarkan dari STIK-PTIK, turun tingkat dan terbukti secara sah dan meyakinkan telah melanggar ketentuan pidana yang diikuti keputusan Pengadilan yang tetap.

(2)   Ketentuan mengenai mekanisme Rapat Kehormatan Demuswa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) akan diatur pada ketentuan lebih lanjut.

Pasal 4

(1)   Anggota Rapat Kehormatan Dewan Musyawarah Mahasiswa terdiri dari unsur-unsur Demuswa yang berasal dari setiap angkatan STIK-PTIK dan dipimpin oleh seorang Kademuswa serta dimungkinkan untuk diikuti oleh unsur lain yang menjadi anggota luar biasa pada rapat tersebut.

(2)   Demuswa adalah perwakilan masing-masing angkatan Akademi Kepolisian yang menjadi mahasiswa STIK-PTIK dimana paling sedikit memiliki 1/4 suara dari total keseluruhan mahasiswa yang diwakilinya yang berasal dari angkatannya pada Akademi Kepolisian.

(3)   Jika tidak dapat memenuhi total 1/4 suara dari keseluruhan mahasiswa yang diwakilinya sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) maka demuswa dapat dibentuk dari gabungan beberapa angkatan Akademi Kepolisian untuk menunjuk anggota perwakilan diantara mereka sebagai Demuswa.

BAB III

PENGURUS SENAT

Pasal 5

(1)   Ketua Senat Mahasiswa adalah unsur pejabat tertinggi pada organisasi Senat Mahasiswa PMIK yang bertanggung jawab langsung kepada Ketua STIK-PTIK.

(2)   Ketua  Senat  dan Pengurus Senat PMIK  dijabat  oleh   seorang  mahasiswa  berdasarkan hasil pemilihan mahasiswa.

(3)   Ketua Angkatan dan Perangkat Angkatan dijabat oleh seorang mahasiswa berdasarkan hasil pemilihan mahasiswa.

(4)   Ketua Sindikat dijabat oleh seorang mahasiswa berdasarkan hasil pemilihan dari mahasiswa yang tergabung dalam sindikat yang dimaksud.

(5)   Mekanisme pemilihan Ketua Senat dan Pengurus Senat diatur dalam Rapat Dewan Musyawarah Mahasiswa

(6)   Pergantian Pengurus Senat PMIK dilakukan 2 (dua) kali selama masa pendidikan dan dilaksanakan  dengan upacara serah terima.

Pasal 6

(1)   Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, Ketua Senat dibantu oleh seorang Wakil Ketua Senat yang berasal dari angkatan STIK-PTIK dibawah Ketua Senat, Sekretaris I dan Sekretaris II, Bendahara I dan Bendahara II serta dibantu oleh unsur-unsur dalam bidang Akademik dan Administrasi Mahasiswa.

(2)   Ketua Senat Mahasiswa membawahi semua Ketua Angkatan dan perangkat angkatan yang berada dibawah struktur perangkat angkatan yaitu Sekretaris Angkatan, Bendahara Angkatan, dan unsur Ketua Sindikat.

Pasal 7

Unsur bidang Akademik pada Struktur Organisasi Senat Mahasiswa dipimpin oleh seorang Kepala Bidang (Kabid) Akademik dan wakilnya serta membawahi 2 seksi, yaitu :

a)      Seksi Operasional Pendidikan

b)      Seksi Diktat

Pasal 8

Unsur bidang Administrasi Mahasiswa pada Struktur Organisasi Senat Mahasiswa dipimpin oleh seorang Kepala Bidang (Kabid) Minwa dan wakilnya serta membawahi 6 seksi, yaitu :

a)      Seksi Olah Raga

b)      Seksi Hubungan Masyarakat

c)      Seksi Personil

d)     Seksi Kejuangan dan Tradisi

e)      Seksi Umum

f)       Seksi Polisi Mahasiswa

g)      Seksi IT

h)      Seksi Sosbud

i)        Seksi Agama

BAB IV

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGURUS SENAT

Pasal 9

Pengurus Senat memiliki tugas untuk :

a)      Melaksanakan pembinaan kepada anggota terutama terkait dengan kesuksesan pelaksanaan pendidikan dari seluruh mahasiswa STIK-PTIK.

b)      Melakukan kegiatan ekstrakurikuler bagi seluruh mahasiswa seperti kegiatan olahraga, kegiatan agama dan kegiatan-kegiatan lain yang dijadwalkan oleh pihak Korwa pada STIK-PTIK.

c)      Menjadi wadah aspirasi mahasiswa terkait dengan seluruh kegiatan pendidikan maupun kemahasiswaan.

d)     Menjembatani hubungan antara mahasiswa dengan pihak lembaga terutama dalam hal-hal yang dapat mensukseskan kegiatan pendidikan bagi mahasiswa pada STIK-PTIK.

e)      Menjalin hubungan dengan pihak luar terutama yang menyangkut masalah pendidikan dan kemahasiswaan.

Pasal 10

Sekretaris Senat Mahasiswa memiliki tugas untuk :

a)      Mengikuti setiap kegiatan dari Ketua Senat untuk membuatkan notulensi proses kegiatan dari Ketua Senat untuk dapat menjadi usulan kegiatan dan kebijakan maupun materi arahan Ketua Senat secara intemal maupun komunikasi ekstemal dengan pihak-pihak terkait dengan senat yang memerlukan komunikasi dengan Ketua Senat.

b)      Membuat laporan mingguan, bulanan, triwulan dan tahunan untuk dilaporkan kepada Ketua STIK-PTIK melalui Korwa.

c)       Menginventarisir setiap surat masuk dari luar dan mendistribusikannya ke pihak yang berkompenten serta membuat surat keluar.

d)     Membuat daftar kegiatan Ketua Senat baik yang sudah dilaksanakan maupun rencana kegiatan selanjutnya.

e)      Membuat chart distribusi penugasan kepada masing masing bidang dan laporan akuntabilitas masing-masing bidang terhadap penugasan yang diberikan.

f)       Mengukur kinerja Pengurus Senat melalui laporan evaluasi kinerja yang dibuat berdasarkan laporan kinerja Pengurus Senat.

g)      Sekretaris Senat Mahasiswa bertanggung jawab langsung kepada Ketua Senat Mahasiswa.

Pasal 11

Bendahara  Senat Mahasiswa memiliki tugas untuk :

a)      Membuat rancangan kerja bidang keuangan pada periode kepengurusan yang dicantumkan dalam Rencana Kerja Tahunan.

b)      Membuat prosedur tata cara penggunaan keuangan Senat yang akuntabel dan transparan dan sistem pelaporan keuangan berdasarkan laporan kegiatan Senat Mahasiswa dan Laporan kegiatan rutin pengurus Senat.

c)      Menegur bidang yang tidak memperhatikan prosedur penggunaan keuangan yang akuntabel sebagai indikator underperformance bagi bidang tersebut.

d)     Mengkoordinasikan tugas-tugas bendahara tiap-tiap angkatan terutama dalam mekanisme penggunaan anggaran.

e)      Bendahara Senat bertanggung jawab langsung kepada Ketua Senat.

Pasal 12

Kepala Bidang Akademik memiliki tugas untuk :

a)      Mengkoordinir masing-masing Kepala Seksi yang bernaung di bawah Bidang Akademik.

b)      Membuat perencanaan seluruh kegiatan yang terkait Bidang Akademik dengan dibantu oleh masing-masing Kepala Seksi yang bernaung di bawah Bidang Akademik.

c)      Menginventarisir seluruh laporan Bidang Akademik berdasarkan laporan hasil kegiatan masing-masing seksi.

d)     Bertanggung jawab langsung kepada Ketua Senat Mahasiswa.

Pasal 13

Kepala Bidang Administrasi Mahasiswa memiliki tugas untuk :

a)      Mengkoordinir masing-masing Kepala Seksi yang bernaung di bawah Bidang Administrasi Mahasiswa.

b)      Membuat perencanaan seluruh kegiatan yang terkait Bidang Administrasi Mahasiswa dengan dibantu oleh masing-masing Kepala Seksi yang bernaung di bawah Bidang Administrasi Mahasiswa.

c)      Menginventarisir seluruh laporan Bidang Administrasi Mahasiswa berdasarkan laporan hasil kegiatan masing-masing seksi.

d)     Bertanggung jawab langsung kepada Ketua Senat Mahasiswa.

Pasal 14

Kepala Seksi Operasional Pendidikan memiliki tugas untuk :

a)      Mengkoordinir setiap operasional pendidikan dan menselaraskan jadwal kegiatan belajar mengajar antara pihak Mindik, Dosen dan kegiatan kemahasiswaan.

b)      Melakukan pengukuran hasil kegiatan pendidikan mahasiswa berdasarkan hasil penilaian akademis dari semua mahasiswa STIK-PTIK.

c)      Membuat laporan pelaksanaan perkuliahan perbulan, triwulan dan tahunan dan melaporkannya kepada pihak Mindik dan Kepala Bidang Administrasi Mahasiswa Senat guna membuat analisa dan evaluasi.

d)     Bertanggung jawab kepada Ketua Senat melalui Kepala Bidang Akademik.

Pasal 15

Kepala Seksi Diktat memiliki tugas untuk :

a)      Membentuk tim diktat tiap-tiap angkatan dan melaporkan hasilnya kepada Korwa melalui Kepala Bidang Administrasi Mahasiswa Senat.

b)      Membuat kelompok-kelompok belajar pada tiap-tiap angkatan untuk meningkatkan kualitas pengetahuan pada mahasiswa-mahasiswa khusus.

c)      Membuat laporan pelaksanaan pembuatan diktat perbulan, triwulan dan tahunan dan melaporkannya kepada pihak Mindik dan Kepala Bidang Administrasi Mahasiswa Senat guna membuat analisa dan evaluasi.

d)     Bertanggung jawab kepada Ketua Senat melalui Kepala Bidang Akademik.

Pasal 16

Kepala Seksi Olah Raga memiliki tugas untuk :

a)      Membuat rancangan kegiatan bidang olah raga.

b)      Membentuk tim tiap cabang olah raga dan menunjuk masing-masing koordinator cabang olah raga untuk kemudian dilaporkan kepada pihak Korwa.

c)      Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan olah raga yang berkaitan dengan pihak-pihak luar.

d)     Membuat laporan pelaksanaan kegiatan olah raga mahasiswa.

e)      Menjadi koordinator pelaksana dalam setiap kegiatan olah raga pagi mahasiswa dan seluruh kegiatan ekstra kurikuler terkait bidang olah raga.

f)       Bertanggung jawab kepada Ketua Senat melalui Kepala Bidang Akademik.

Pasal 17

Kepala Seksi Humas memiliki tugas untuk :

a)      Membuat rencana kegiatan dan menginventarisir setiap kegiatan terutama dengan pihak luar yang memerlukan hubungan dengan pihak Senat.

b)      Menjadi juru bicara resmi Senat Mahasiswa dalam hal pemberian informasi kepada pihak luar.

c)      Melaksanakan dokumentasi kegiatan Senat PMIK termasuk kegiatan tiap-tiap angkatan.

d)     Membuat laporan pelaksanaan kegiatan kehumasan Senat PMIK.

e)      Mengaktifkan kegiatan majalah dinding dan menginvetarisir semua tulisan yang akan diterbitkan dalam website STIK-PTIK.

f)       Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan sosial kemasyarakatan dengan pihak-pihak terkait seperti kegiatan donor darah, bantuan sosial dan sebagainya

g)      Bertanggung jawab kepada Ketua Senat melalui Kepala Bidang Akademik.

Pasal 18

Kepala Seksi Personil memiliki tugas untuk :

a)      Membuat daftar inventarisir kegiatan Senat PMlK yang melibatkan personil mahasiswa.

b)      Membuat chart deputasi mahasiswa yang diikuti oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan deputasi yang ada di dalam Senat PMIK.

c)      Membuat laporan chart deputasi mahasiswa setiap selesai melaksanakan kegiatan deputasi kepada pihak Korwa melalui Kasubag Binwa.

d)     Mengumumkan rekap hasil pelaksanaan deputasi yang dilaksanakan semua mahasiswa perbulannya.

e)      Berkoordinasi dengan pihak Personalia lembaga terkait data riwayat hidup serta segala kelengkapan administrasi perorangan dari semua mahasiswa.

f)       Melakukan pengawasan bidang personil masing-masing angkatan.

g)      Bertanggung jawab kepada Ketua Senat melalui Kepala Bidang Administrasi Kemahasiswaan.

Pasal 19

Kepala Seksi Kejuangan dan Tradisi memiliki tugas untuk :

a)      Mernbuat rencana kegiatan dan menginventarisir dan pelaksanaan tugas bidang Perjuangan dan Tradisi.

b)      Mengorganisir kegiatan upacara rutin bulanan, hari – hari besar nasional, dan upacara besar lainnya serta bertanggung jawab untuk membuat laporan hasil pelaksanaanya.

c)      Membentuk tim-tim paduan suara, tim band, dan kelompok seni lainnya guna kepentingan kegiatan pendidikan dan kemahasiswaan.

d)     Mempersiapkan kegiatan tradisi-tradisi kemahasiswaan seperti acara ulang tahun, acara pengukuhan angkatan mahasiswa baru, acara pedang pora, dan sebagainya.

e)      Bertanggung jawab kepada Ketua Senat melalui Kepala Bidang Administrasi Mahasiswa.

Pasal 20

Kepala Seksi Umum memiliki tugas untuk :

a)      Menyiapkan segala perlengkapan Ketua Senat, Pengurus Senat dan seluruh mahasiswa dalam mengikuti setiap kegiatan yang termasuk dalam ruang lingkup kegiatan Senat Mahasiswa serta  kegiatan pendidikan dan kemahasiswaan.

b)      Mempersiapan sarana dan prasarana rapat bulanan, triwulan dan tahunan serta membantu kelancaran pelaksanaan rapat angkatan.

c)      Mengecek kehadiran setiap pelaksanaan rapat sebagaimana dimaksud pada huruf b dan melaporkannya kepada Ketua Senat sebagai bahan analisa dan evaluasi.

d)     Menginventarisir laporan mingguan, bulanan, triwulan, enam bulan dan tahunan dari masing – masing kabid bersama dengan sekretaris.

e)      Menyiapkan semua sarana dan prasarana kebutuhan mahasiswa baik dalam kegiatan pendidikan maupun dalam segala kegiatan kemahasiswaan.

f)       Bertanggung jawab langsung kepada Ketua Senat melalui Kepala Bidang Administrasi Mahasiswa ( Kabid Minwa ).

Pasal 21

Kepala Seksi Polisi Mahasiswa memiliki tugas untuk :

a)      Melakukan pengawasan terhadap seluruh kegiatan mahasiswa guna mencegah pelanggaran tata tertib dan peraturan lainnya.

b)      Membawahi seluruh anggota Polisi Mahasiswa pada setiap Sindikat dalam masing-masing Angkatan.

c)      Mernbuat rencana kegiatan inventarisir dan pelaksanaan tugas bidang keamanan.

d)     Membuat data Ranmor mahasiswa untuk dalam rangka mengantisipasi pencurian

e)      Mengorganisir kegiatan absensi yang dilaksanakan polwa tiap-tiap angkatan

f)       Mengorganisir kegiatan keamanan dan ketertiban di lingkungan flat mahasiswa.

g)      Mengkoordinasikan kegiatan keamanan dengan Kanit Provost yang berkaitan dengan tugas lembaga.

h)      Menjembatani adanya pelanggaran yang dilakukan mahasiswa dengan kanit provos atau Korwa.

i)        Bertanggung jawab kepada Ketua Senat melalui Kepala Bidang Administrasi Mahasiswa.

Pasal 22

Kepala Seksi IT memiliki tugas untuk :

a)      Mengelola sarana informasi dan komunikasi Senat.

b)      Menjalankan seluruh kegiatan Senat yang berkaitan dengan informasi dan teknologi.

c)      Mengakomodir hasil kegiatan senat dan informasi terkini terkait perkembangan STIK-PTIK / Polri melalui sarana komunikasi senat kepada mahasiswa.

d)     Mempersiapkan bahan paparan bila diperlukan oleh senat.

e)      Bertanggung jawab kepada Ketua Senat melalui Kepala Bidang Administrasi Mahasiswa.

Pasal 23

Kepala Seksi Sosial Budaya memiliki tugas untuk :

a)      Menjalankan kegiatan senat yang berkaitan dengan bidang sosial.

b)      Menjalankan kegiatan senat yang berkaitan dengan bidang seni dan budaya.

c)      Bertanggung jawab kepada Ketua Senat melalui Kepala Bidang Administrasi Mahasiswa.

Pasal 24

Kepala Seksi Agama memiliki tugas untuk :

a)      Membuat rancangan kegiatan bidang keagamaan dan membuat laporan kegiatan bidang keagamaan untuk dilaporkan kepada pihak Korwa.

b)      Melakukan pengawasan pelaksanaan kegiatan bidang agama mahasiswa.

c)      Membawahi Kepala Sub Seksi agama masing-masing dan mengkoordinasikannya terkait dengan kegiatan keagamaan masing-masing Subseksi.

d)     Bertanggung jawab kepada Ketua Senat melalui Kepala Bidang Administrasi Mahasiswa.

Pasal 25

Ketua Angkatan memiliki tugas untuk :

a)      Mendukung semua kegiatan dalam lingkup Senat terutama dalam hal yang berkaitan dengan kegiatan yang melibatkan angkatannya.

b)      Mengorganisasikan dan memimpin angkatannya dalam kegiatan pendidikan dan kemahasiswaan dengan tetap berkoordinasi dengan Ketua Senat.

c)      Membawahi semua perangkat angkatan yang terdiri Wakil Ketua Angkatan, Bendahara Angkatan, Sekretaris Angkatan dan Ketua Sindikat Angkatan.

d)     Bekerja sama dengan segala unsur yang ada dalam mewadahi aspirasi angkatan dan menyelesaikan segala permasalahan yang terkait dengan angkatannya baik dalam hal pendidikan maupun kemahasiswaan.

e)      Bertanggung jawab langsung kepada Ketua Senat.

Pasal 26

Sekretaris Angkatan memiliki tugas untuk :

a)      Mengikuti setiap kegiatan dari Ketua Angkatan untuk membuatkan notulensi proses kegiatan dari Ketua Angkatan untuk dapat menjadi usulan kegiatan dan kebijakan maupun materi arahan Ketua Angkatan secara intemal maupun komunikasi ekstemal dengan pihak-pihak terkait dengan senat yang memerlukan komunikasi dengan Ketua Angkatan.

b)      Membuat daftar kegiatan Ketua Angkatan baik yang sudah dilaksanakan maupun rencana kegiatan selanjutnya.

c)      Mengukur kinerja Pengurus Angkatan melalui laporan evaluasi kinerja yang dibuat berdasarkan laporan kinerja Pengurus Angkatan.

d)     Sekretaris Angkatan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Angkatan.

Pasal 27

Bendahara Angkatan memiliki tugas untuk :

a)      Membuat rancangan kerja bidang keuangan pada periode kepengurusan yang dicantumkan dalam Rencana Kerja Tahunan.

b)      Membuat prosedur tata cara penggunaan keuangan angkatan yang akuntabel dan transparan dan sistem pelaporan keuangan berdasarkan laporan kegiatan angkatan.

c)      Bendahara Angkatan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Angkatan.

Pasal 28

Ketua Sindikat memiliki tugas untuk :

a)      …………………….

b)      …………………….

c)      …………………….

d)     Ketua Sindikat bertanggung jawab langsung kepada Ketua Angkatan.

BAB V

RAPAT DAN PERATURAN

Pasal 29

Rapat Demuswa adalah rapat yang dilaksanakan oleh seluruh unsur Dewan Musyawarah Mahasiswa yang dilaksanakan guna menentukan mekanisme pemilihan Ketua Senat dan Pengurus Senat (termasuk perangkat angkatan), serta hal-hal lain yang dipandang perlu untuk dimusyawarahkan bersama oleh Demuswa.

Pasal 30

Rapat Senat adalah rapat yang dipimin oleh Ketua Senat dan dilaksanakan oleh seluruh Pengurus Senat untuk menghasilkan Peraturan Senat yang bersifat mengikat bagi seluruh mahasiswa STIK-PTIK.

Pasal 31

Rapat Rutin Senat adalah :

a)      Rapat Bulanan yaitu rapat yang dilaksanakan pada setiap bulannya untuk merencanakan kegiatan bulan kedepan berdasarkan Rencana Kerja Tahunan Senat serta membuat hasil laporan kerja bulan berjalan beserta analisa dan evaluasinya.

b)      Rapat Triwulan yaitu rapat yang dilaksanakan pada setiap tiga bulannya untuk merencanakan kegiatan tiga bulan kedepan berdasarkan Rencana Kerja Tahunan Senat serta membuat hasil laporan kerja tiga bulan berjalan beserta hasil analisa dan evaluasinya.

c)      Rapat Tahunan yaitu rapat yang dilaksanakan pada setiap awal dan akhir masa kepengurusan untuk membuat Rencana Kerja Tahunan Senat serta membuat hasil laporan kerja masa kepengurusan Senat  beserta analisa dan evaluasinya.

d)     Rapat Angkatan adalah rapat yang dipimpin oleh Ketua Angkatan dan dilaksanakan sewaktu-waktu guna membahas setiap hal mengenai angkatan tersebut dan hasilnya dilaporkan secara tertulis kepada Ketua Senat dan Kakorwa.

e)      Pelaksanaan Rapat sebagaimana dimaksud pada huruf a, b, dan c dihadiri oleh pihak Korwa dan dilaporkan secara tertulis kepada Ketua STIK melalui Kakorwa.

Pasal 32

Dalam hal pembinaan kepada anggota dan guna mensukseskan kegiatan pendidikan dan kemahasiswaan, Ketua Senat dapat mengeluarkan Peraturan Senat yang bersifat mengikat kepada seluruh mahasiswa STIK-PTIK.

Pasal 33

Peraturan Senat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 32 dikeluarkan oleh Ketua Senat melalui mekanisme Rapat Senat dan hasilnya dilaporkan kepada pihak Korwa.

BAB VI

KETENTUAN PENUTUP

Pasal 28

Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Rumah Tangga ini, akan diatur dalam Peraturan Senat yang lain.

Pasal 29

Anggaran Rumah Tangga ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Ditetapkan di  :  JAKARTA

Pada tanggal   :                     Desember 2010


Drs. BUDI SUSANTO

KOMBES POL NRP. 62121007

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s